Tujuan Utama dalam Berdoa

"Bukanlah menjadi tujuan utama hanya sekedar permintaan, akan tetapi yang menjadi tujuan utama adalah jika kamu diberi rizqi budi pekerti yang baik". 

Orang yang sedang berdo'a kepada Allah SWT. itu tujuan utamanya adalah bukan hanya sekedar mengajukan permohonan atau pun permintaan saja kepada Allah SWT., akan tetapi tujuan utamanya adalah menyerahkan segala perkara itu hanya kepada Allah SWT. serta-rela untuk menerima atas pembagian Allah SWT., tidak merasa kurang atau pun merasa kecil, serta tidak meminta apa yang bukan menjadi haknya. 

Dan sesungguhnya Allah SWT. mengharapkan kepada hamba-Nya dikala berdo'a atau bermunajat itu adalah adab kesopanan atau pun budi pekerti seorang hamba. 

Dalam hal semacam ini adalah bagaikan seorang majikan akan memenuhi segala kebutuhan atau keperluan dari budak nya, jika si budak atau pembantunya itu telah menyerahkan sepenuhnya kepada majikannya. 

Demikian halnya dengan Allah SWT., akan memenuhi segala hajat hamba-Nya jika hamba itu mau menyerahkan secara bulat-bulat kepada kekuasaan Allah SWT. serta tidak mau minta-minta apa yang bukan menjadi hak milik dari si hamba tersebut. 

Berdo'a merupakan suatu kebutuhan rohani yang sangat diperlukan oleh manusia di dalamkehidupan di dunia ini, lebih ketika si hamba itu saat ditimpa suatu musibah atau kesusahan. 

Orang yang sedang berdo'a kepada Allah, merasa bahwa antara hamba dan Allah SWT. itu tidak ada lagi hijab atau dinding yang menghalangi, sebab memang seharusnya demikian bahwa orang yang berdo'a kepada Allah SWT. itu tidak ada sesuatu pun yang dapat menghalang-halanginya. 

Di samping itu do'a juga berfungsi sebagai alat komunikasi antara hamba dengan Allah SWT., manusia yang berdo'a dan Allah jualah yang mengabulkannya. 

Dalam qadla' dan qadar Allah, telah tertulis kehidupan manusia, hanya melalui do'a sajalah yang dapat mengubah tulisan tersebut demi untuk memperbaiki akan nasib yang telah tertulis tersebut. 

Adapun kegunaan dari do'a itu adalah sangat banyak sekali, antara lain yaitu dapat menguatkan iman, menenangkan hati juga menjernihkan hati, menghilangkan rasa putus asa, mengurangi hati yang sedang gundah-gulana, menggiatkan dalam bekerja, menambah kegemaran dalam beribadah demi untuk meningkatkan amal sholeh, membuat mudah di dalam mendapatkan rizqi, membuat adat dan juga akhlak lebih baik, membuat orang jadi lebih sabar, menghilangkan was-was dalam hati, menyembuhkan penyakit, membuat hubungan antara hamba dengan Allah itu tambah lebih dekat, dan masih banyak lagi yang lainnya. 

Karena begitu pentingnya do'a, maka sudah menjadi amalan yang sangat tetap bagi seorang hamba, kapan saja, di mana saja berada, maka selalu memanjatkan do'a itu hanya kepada Allah SWT.. 

Memohon pertolongan di dalam mencari rizqi yang halal, memohon ampunan dari segala macam dosa, memohon keselamatan baik di dunia maupun di akhirat kelak. Agar dijadikan atau dimasukkan ke dalam golongan orang-orang yang sholeh- sholeh.