Apa yang Tersimpan di Hati

 مَااسْتُوْدِعَ فِى غَيْبِ السَّرَائِرِ ظَهَرَ فِى شَهَادَةِ الظَّوَاهِرِ٠ 

“Apa yang tersimpan dan dirahasiakan dalam kegaibannya (hati),bekasnya akan nampak pada kenyataan lahiriah." 

Ini adalah penjelasan tentang hal yang gaib.Tentang suara dan wujud hati nurani yang ada di kedalaman jiwa manusia. Apa yang nampak pada keadaan lahiriah seorang hamba, begitu pula keadaan yang ada di dalam batiniahnya. Karena yang lahir itu adalah cermin yang batin. Wujud yang nampak akan menggambar keadaan yang tersembunyi. Itulah keadaan sebenarnya dari orang yang telah sampai ke tingkat makrifat. Lahir batinnya sama. Pada wajah orang arif dapat dilihat semua yang tersimpan dalam kalbunya. Wajah yang bersih bercahaya m iiimjiikkan pula kalbu yang bersih bercahaya. 

Seorang salih yaitu Abi Hafs mengatakan: "Kebagusan adab lahir itu adulah warna dari kebagusan adab batin." Sebagaimana Nabi Muhammad telah bersabda: "Kalau khusyu' hati seseorang, maka akan khusyu'pula anggota badannya." 

Tidak selalu keadaan lahiriah itu baik dalam kenyataannya, sifat manusia secara umum, ada yang baik dan ada pula yang buruk. Gambaran lahiriah yang nampak, seperti sudah dikatakan sama dengan batinnya. Sehingga boleh dikatakan apabila ditemukan sifat jelek secara lahiriah, demikian pula keadaan batiniahnya. 

Contoh pada sifat orang- orang kafir yang jelek adalah cerminan dari hati mereka yang jelek pula. Batin yang menyimpan niat jelek, ingkar dan nifak, maka sifat itu akan nampak dalam bentuk lahiriah berupa tindakan kasar. Tidak memelihara ketenangan, mengkhianati teman seiring, menggunting dalam lipatan, menunjukkan wajah masam dan bersungut-sungut, dan perilaku jelek yang dapat dilihat oleh mata kepala manusia. Syekh Alu Talib Al Makky menggambarkan sifat orang-orang kafir, di antaranya, apabila disebut keesaan Allah swt di depan mereka, maka hati mereka panas mendidih, apabila di depan mereka disebut tentang berhala berhala, hati mereka bersorak senang. 

Allah swt berfirman dalam Al Qur'an: "Apabila disebut nama Allah menjadi marahlah hati orany, orang yang tidak beriman kepada hari akhir. Tetapi jika yang disebut berhala, selain Allah, hati mereka menjadi gembira ria." (QS. A/ Zumar: 4). 

Dalam ayat 12 surat Al Mukmin diterangkan: "Jika Allah yang tunggal disampaikan kepada kamu, tentu kamu ingkari, tetapijikti disampaikan kepada kamu penyekutuan (syirik) kepada Allah, kamu pasti percaya..." Ini semua adalah sifat-sifat orang kafir yang selalu ditunjukkan dalam bentuk lahiriah. Gambaran ini sudah menunjukku u sifat batin orang-orang musyrik itu, sejak dulu hingga sekarang Demikian juga orang-orang munafikin dan orang- orang zalim. Apa yang mereka pamerkan dalam kenyataan sudah menunjukkan keadaan hati mereka yang sedang sakit. 

Akan tetapi tidak selalu tingkah laku lahir itu sesuai dengan batinnya dalam pengertian pergaulan. Apa yang nampak secara lahiriah, belum dapat dipercayai keadaan batiniahnya. Sopan santun dan lemah lembut, seseorang dalam pergaulan umum, kadang-kadang dibuat-buat untuk mentlapat kesaksian dari manusia tentang kebaikannya atau budi bahasanya. Tujuannya agar mendapat puji sanjung dan kehormatan. 

Jadi di sini gerakan lahiriah bukan cermin gerakan hati. Bahkan gerakan hati yang penuh kedengkian dapat ditutup dengan gerakan lahir yang simpatik. Perbuatan orang-orang munafik dan zalim pada lumurnya seperti itu. Berlainan halnya dengan orang-orang saleh yang arif budiman, setiap gerakan dan perilaku lahiriah selalu sesuai dengan batinnya. Apa yang dilakukan dan digerakkan oleh wajah, tangan, isyarat, pembicaraan, semua gerak dan diamnya, telah menunjukkan hati nurani atau batinnya. 

Selain itu, orang mukmin yang saleh, arif bijaksana, selalu dalam penjagaan Allah karena kebagusan amal ibadah serta taqarrub-nya kepada-Nya. Oleh karena itu lahir batinnya pun terjaga, dan memberi keamanan bagi dirinya dan ketenteraman bagi sesama manusia yang bergaul dengannya.