Sumber Cahaya Hati

Cahaya-cahaya ilmu Ma'rifat dan cahaya Tauhid itu nanti nya akan bertambah sinarnya yang telah bersumber langsung dari Nur yang berasal dari perbendaharan ghoib. 
Allah SWT. memberikan suatu penerangan kepada benda yang ada di dunia ini atau pun yang telah lahir dengan memberikan cahaya benda ciptaan-Nya. 
Di samping itu juga Allah SWT. juga menerangi hati nurani atau batin seseorang itu dengan cahaya sifat-sifat Allah SWT. 
Hal demikian tersebut di atas adalah merupakan suatu petunjuk bahwasanya Allah SWT. itu memberikan pertolongan kepada mereka yang dikehendaki-Nya. 
Apabila Allah SWT. sudah menghendaki kepada seseorang untuk dijadikan sebagai orang yang baik atau orang yang beriman, maka tidak ada satu kekuatan pun yang dapat menghalangi akan kehendak Allah SWT. tersebut, akan tetapi sebaliknya jika Allah SWT. menghendaki kepada seseorang itu terjerumus ke dalam suatu kehinaan, maka tidak satu pun yang dapat menghalanginya, sekalipun itu seorang raja atau pejabat tinggi negara yang berkuasa di dalam kerajaan atau di dunia. 
Seperti yang terdapat di dalam sebuah ungkapan yaitu berbunyi sebagai berikut : 
"Cahaya yang tersimpan di dalam hati, itu datangnya dari cahaya yang datangnya langsung dari perbendaharaan (gudang-gudang) keghoiban".