Cara Shalat Id yang Benar

Shalat 'Id dua rakaat, dimulai dengan Takbiratul Ihram, kemudian membaca doa Iftitah, dilanjutkan dengan takbir tujuh kali, pada masing-masing mengangkat tangan sampai setentang pundak seperti halnya ketika Takbiratul Ihram. Antara tiap-tiap dua takbir berselang selama lebih-kurang bacaan satu ayat yang sedang, dan disunnatkan waktu itu membaca:

 سُبْحَانَ اللهِ وَالْحَمْدُ لِلهِ وَلاَاِلَهَ اِلاَّاللهُ وَاللهُ اَكْبَرُ 

Yang artinya: 

Maha Suci Allah, dan segala puji bagi Allah, dan tiada Tuhan melainkan Allah, dan Allah Maha Besar. 

Sesudah itu, membaca ta'awwudz lalu membaca al-Fatihah, dilan¬jutkan dengan Surat atau beberapa ayat. 

Ketika bangkit untuk rakaat kedua, maka bertakbir lima kali -selain takbir intiqal- sebelum membaca al-Fatihah, sedang antara tiap-tiap takbir diselingi dengan bacaan seperti di atas tadi. 

Takbir-takbir tambahan-ini hukumnya sunnah. Jadi, kalau lupa dan terlanjur membaca al-Fatihah, maka dilewatkan saja, sedang shalat tetap sah. 

 Adapun dasar dari keterangan di atas adalah hadits riwayat an-Nasa'i (3/111) dan lainnya, dari Umar RA, dia berkata:

 صَلاَةُ الْفِطْرِ رَكْعَتَانِ وَصَلاَةُ اْلاَضْحَى رَكْعَتَانِ....ثُمَّ قَالَ عَلَى لِسَانِ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ 

"Shalat 'Idul Fitri dua rakaat, dan shalat 'Idul Adhha dua rakaat," selanjutnya Umar menambahkan, "menurut pernyataan Nabi Muhammad SAW." 

Dan atas dasar inilah maka terjadi ijma’ Sementara itu 'Amr bin 'Auf al-Muzanni RA meriwayatkan: 

اَنَّ النَّبِيَّ صَلَى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَبَّرَ فِى الْعِدَيْنِ، فِى اْلاُوْلَى سَبْعًا قَبْلَ الْقِرَاءَةِ، وَفِى اْلاَخِرَةِ خَمْسًا قَبْلَ الْقِرَاءَةِ (رواه الترمذى 536 وَقَالَ: هُوَ اَحْسَنُ شَيْئٍ فِىْ هَذَاالْبَابِ عَنِ النَّبِيَّ صَلَى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ) 

Bahwasanya Nabi SA W bertakbir pada shalat 'Idul Fitri dan 'Idul Adhha. Pada rakaat pertama tujuh kali sebelum membaca al-Fatihah, dan pada rakaat terakhir lima kali sebelum membaca al-Fatihah. (HR. at-Tirmidzi: 536, dan ia katakan, "Hadits ini adalah yang terbaik di antara yang datang dari Nabi SAW dalam bab ini.")