Sifat-Sifat Yang Patut Dimiliki Seorang Imam

Imam dari suatu kaum, hendaklah seorang yang paling faqih, fasih bacaannya, saleh dan paling tua umurnya. Apabila sifat-sifat ini terdapat pada seorang imam, maka shalat ma’mum kepadanya akan lebih baik, dan pahalanya pun lebih mungkin diharapkan. 

Imam Muslim (613) telah meriwayatkan dari Ibnu Mas’ud RA, dia berkata: Sabda Rasulullah SAW:

 يَؤُمُّ الْقَوْمَ اَقْرَأُهُمْ لِكِتَابِ اللهِ، فَاِنَكَانُوْا فِى الْقِرَءَةِ سَوَاءً فَاَعْلَمُهُمْبِا السُّنَّةِ، فَاِنَكَانُوْا فِى السُّنَّةِ سَوَاءً فَاَقْدَمُهُمْ هِجْرَةً، فَاِنَكَانُوْا فِى الْهِجْرَةِ سَوَاءً فَاَقْدَمُهُمْ سِنًّا 

Yang mengimami suatu kaum ialah orang yang paling fasih membaca Kitab Allah. Kalau dalam soal bacaan mereka sama, maka orang yang paling tahu tentang Sunnah. Kalau dalam soal Sunnah pun sama, maka orang yang paling terdahulu hijrah. Dan kalau dalam soal hijrah pun sama, maka orang yang paling tua umurnya. 

Dan ketahuilah, bahwasanya boleh saja orang yang berwudhu’ ma’mum kepada orang yang bertayammum maupun yang mengusap sepatu. Orang yang berdiri boleh ma’mum kepada orang yang duduk; orang dewasa kepada anak kecil, orang merdeka kepada hamba sahaya, orang sehat kepada orang yang berpenyakit tak tahan kencing, orang yang melakukan shalat tunai kepada yang qadha’, dan orang yang melakukan shalat fardhu kepada yang shalat sunnah, atau sebaliknya.