Pandangan Islam Terhadap Kebersihan Dan Kesucian

Sesungguhnya agama Islam sangat memperhatikan kebersihan dan kesucian dengan perhatian yang sempurna. Hal itu bisa kita lihat pada hal-hal sbb.: 

Islam menyuruh berwudlu’ bagi sahnya shalat, berkali-kali dalam sehari. 

Firman Allah Ta’ala: Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, Maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki. (Q.S. al-Ma’idah: 6).

Islam menyuruh mandi dalam berbagai peristiwa. 

Firman Allah Ta’ala: Dan jika kamu junub Maka mandilah. (Q.S. al-Ma’idah: 6). 

Sedang Rasulullah SAW bersabda:

لِلهِ عَلَىَ كُلِّ مُسْلِمٍ اَنْ يَغْتَسِلَ فِىْ كُلِّ سَبْعَةِ اَيَّامٍ يَوْمًا يَغْسِلُ فِيْهِ رَأْسَهُ وَجَسَدَهُ(روه البخارى 856 ومسلم 849

Adalah kewajiban setiap muslim kepada Allah, mandi pada setiap minggunya sehari, di mana ia membasuh kepla dari tubuhnya. (H.R. al-Bukhari: 856, dan Muslim: 859). 

Islam menyuruh meraut kuku, menggosok gigi dan mencuci pakaian

Sebagaimana sabda Rasulullah SAW:

 خَمْسٌ مِنَ الْفِطْرَةِ: الْخِتاَنُ وَاْلاِسْتِحْدَادُ وَنَتْفُ اْلاِبْطِ وَتَقْلِيْمُ اْلاَظَافِرِ وَقَصُّ الشَّارِبِ(روه البخارى 5550 ومسلم 257

Ada lima perkara yang termasuk kesucian: Khitan, istihdad, mencabut bulu ketiak, meraut kuku, dan mencukur kumis. (H.R. al-Bukhari: 5550, dan Muslim: 257). 

Dan sabda beliau SAW pula:

 لَوْلاَ اَنْ اَشُقَّ عَلىَ اُمَّتِى لاَمَرْتُهُمْ بِالسِّوَاكِ عِنْدَ كُلِّ صَلاَةٍ(روه البخارى 847 ومسلم 252

Sekiranya takkan menyulitkan umatku, niscaya telah aku perintahkan mereka bersiwak setiap kali hendak shalat. (H.R. al-Bukhari: 847, dan Muslim: 252). 

Sedang dalam riwayat lain menurut Ahmad (6 325):

 مَعَ كُلِّ وُضُوْءٍ. ........

bersama tiap-tiap berwudhu’. 

Istihdad, maksudnya mencukur rambut kemaluan dengan menggunakan pisau cukur. 

Dalam pada itu, Allah Ta’ala berfirman: Dan pakaianmu bersihkanlah. (Q.S. al-Muddatstsir: 4). 

Dan pernah pula Nabi SAW bersabda kepada sahabat-sahabatnya:

 اِنَّكُمْ قاَدِمُوْنَ عَلىَ اِخْوَانِكُمْ، فَاَصْلِحُوْا رِحَالَكُمْ وَاَصْلِحُوْا لِبَاسَكُمْ حَتَّى تَكُوْنُوْا كَاَنَّكُمْ شَامَةٌ فِىْ النَّاسِ فَاِنَّ اللهَ لاَ يُحِبُّ الْفُحْشَ وَلاَ التَّفحَُّشَ(رواه ابو داود 4089

Sesungguhnya kamu sekalian akan datang kepada saudara-saudaramu, maka perbaikilah pelana-pelanamu dan berpakaianlah dengan baik, sehingga seolah-olah kamu lain daripada yang lain. Karena Allah sesungguhnya tidak menyukai yang kotor dan jorok . (H.R. Abu Daud: 4089). 

Dan juga firman Allah Ta’ala: Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri. (Q.S. al-Baqarah: 222). 

Memang, agama Islam menganggap bersuci separo dari iman. 

Sabda Nabi SAW:

 اَلطُّهُوْرُ شَطْرُ الاِيْماَنٍ (مسلم 223

Bersuci itu separo dari iman. (H.R. Muslim 223).