Pahala Bagi yang Tertimpa Musibah

Manusia yang Tertimpa Musibah Diberi Pahala Melalui musibah ini Allah akan menaikkan derajat seseorang; dan dengan musibah tersebut dosa seorang mukmin dapat dihapus di samping akan mendapat pahala dari Allah, selagi ia tetap sabar. Banyak hadits-hadits yang diucapkan Rasulullah menganjurkan kepada kaum muslimin untuk berlaku sabar dalam menghadapi berbagai musibah agar mendapat pahala dari Allah. 

Untuk itu Rasulullah bersabda :

 ما يصيب المسلم من نصب ولا وصب, ولاهم, ولا حزن, ولا أذى, ولا غم, حتى الشوكة يشاكها الا كفر الله بها من خطاياه (رواه البخارى

“Tak ada sesuatu pun yang menimpa seorang muslim berupa kelelahan, kesusahan, kesakitan, penganiayaan dan hal-hal yang dibenci, sehingga duri yang menyakitinya, kecuali Allah akan memberi ampunan terhadap dosa-dosanya oleh sebab hal-hal tersebut”( Hadits riwayat Bukhari).

 من يرد الله به خيرا يصب منه (رواه البخارى

“Barangsiapa yang dikehendaki baik oleh Allah maka Allah akan menimpakan musibah kepadanya”( Hadits riwayat Bukhari).

 ما يزال البلاء بالمؤمن والمؤمنة فى نفسه وولده وماله حتى يلقى الله وما عليه خطيئة (رواه الترمذى

“Musibah demi musibah masih tetap menimpa orang mukmin lelaki dan orang mukmin wanita, sampai ketika ia menjumpai Allah dalam keadaan bersih dari dosa”( Hadits riwayat Turmudzi).

 وسئل النبي صلى الله عليه وسلم : اي الناس أشد بلاء؟ قال : الانبياء ثم الأمثل فيبتلى الرجل على حسب دينه فان كان دينه طلبا اشتد بلاؤه, وان كان فى دينه رقة ابتلى على حسب دينه, فما يبرح البلاء بالعبد حتى يتركه يمشى على الارض ما عليه خطيئة (رواه الترمذى وابن ماجة والامام احمد

“Rasulullah SAW ditanya : ‘Siapakah orang yang lebih berat cobaannya?’ Rasulullah menjawab : ‘Para Nabi, kemudian orang-orang yang utama dan seterusnya; seseorang yang diuji menurut kadar agamanya. Apabila agamanya kuat, maka cobaannya keras; dan apabila agamanya tipis maka ia maka dicoba sesuai dengan kadar agamanya. Cobaan terus menimpa seorang hamba sampai dirinya bersih dari dosa”( Hadits riwayat Turmudzi, Ibnu Majjah dan Imam Ahmad). 

Rasulullah SAW telah menjelaskan adanya pahala untuk orang-orang yang sabar ketika tertimpa musibah. Berikut ini hadits mengenai seorang hamba yang sabar dalam menghadapi cobaan:

 ان الله عز وجل قال : اذ ابتليت عبدى بحبيبتيه (اى عينيه) فصبر عوضته منهما الجنة (رواه البخارى

“Sesungguhnya Allah SWT telah bersabda : Apabila Aku menguji seorang hamba-Ku dengan kedua matanya (buta), kemudian ia berlaku sabar, maka akan Kugantikan dengan surga”( Hadits riwayat Bukhari).

Rasulullah juga menjelaskan pahala seorang ibu yang tetap bersabar ditinggal mati sebagian anak-anaknya:

 ما منكن امرأة يموت لها ثلاثة من الولد الا كانوا لها حجابا من النار, فقالت امرأة واثنين؟ فانه مات لى اثنان, فقال رسول الله : واثنين (رواه البخارى

“Tak ada seorang pun dari kaum wanita yang ditinggal mati ketiga anaknya, kecuali mereka akan menjadi hijab (penghalang) baginya dari neraka”. Salah seorang wanita bertanya : “Bagaimana dengan dua anak? Saya kehilangan dua anak”. Rasulullah menjawab : “ya, dua juga”( Hadits riwayat Bukhari). 

Allah SWT telah menjanjikan orang-orang yang berlaku sabar dalam menghadapi musibah dengan pahala yang baik lagi agung. Allah telah berfirman dalam Al-Qur’an : 

“Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar, (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan: ‘Inna lillahi wa inna ilaihi raji’uun (sesungguhnya kami adalah kepunyaan Allah, dan kepada-Nya kami kembali)’. Mereka itulah orang-orang yang mendapat keberkatan yang sempurna dan rahmat dari Tuhannya, dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk”. (QS. 2 : 155 – 157). 

Allah SWT memberi tiga berita gembira kepada orang-orang yang sabar, sebagai berikut: mendapat ampunan dari Allah; mendapat rahmat dari Allah; dan Allah SWT memasukkan ke dalam golongan orang-orang yang mendapat petunjuk.

Posting Komentar untuk "Pahala Bagi yang Tertimpa Musibah"